PIK Remaja Bening Hati Gelar Outbond di Puncak Pronojiwo

Kamis (10/5) pagi sekali, 45 orang pengurus baru dan lama PIK Remaja "Bening Hati" Ponpes Al-Hikmah Karangmojo, Gunungkidul, berangkat dari halaman pesantren dengan mengendarai dua buah anak bus. Keberangkatan mereka ditemani oleh seorang pengasuh santri, Taqiyuddin Subayu, dan sejumlah Penyuluh KB selaku pembina PIK-R. Tujuan mereka adalah taman wisata Kaliurang Sleman, Yogyakarta. 

Perjalanan ke Kaliurang membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam. Sampai di lokasi, hari masih agak pagi. Setelah membayar retribusi tanda masuk lokasi wisata, Bayu Pantoro, ketua lama PIK-R Bening Hati, segera mengoordinasi semua temannya ke lokasi yang telah dipilih. Hanya saja, memang lokasi mana pun yang dipilih, anak-anak PIK-R Bening Hati memang selalu dikelilingi oleh kera-kera. Agak aneh dan takut, memang, tetapi asyik.

Pertama-tama digelar pra-acara, yakni dengan membuat video klips "Salam GenRe", video klips "Ayunda Si Menik", serta video sosiodrama tentang kampanye cegah nikah dini. Semua pemeran dan pelaku yang terlibat adalah pengurus (lama dan baru) dan anggota PIK Remaja Bening Hati.

Setelah itu, acara inti pun dimulai, dengan mengambil lokasi di depan air terjun Kaliurang. Acara dimulai dengan pembukaan dan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Sambutan pertama disampaikan oleh eks Ketua PIK-R Bening Hati, Bayu Pantoro. Dalam sambutannya, Bayu menyampaikan selamat kepada pengurus baru PIK-R, dan mengajak agar para pengurus bisa bekerja dengan sebaik-baiknya. "Hal terpenting yang harus kalian lakukan adalah bersikap kreatif dan inovatif dalam mengelola kegiatan PIK-R. Tantangannya berat, karena dinamika adik-adik kita bermacam-macam. Kita harus banyak trik dan tips untuk menarik adik-adik kita bergabung dalam PIK-R kita," ujar Bayu yang tahun ini akan menjalani wisuda santri.

Sementara itu, ketua PIK-R yang baru, Abi Sukaji, pertama-tama menyampaikan terimakasih atas kepercayaan yang diberikan oleh teman-temannya untuk memimpir PIK-R Bening Hati selama setahun ke depan. Abi mengajak teman-teman pengurus untuk bekerja lebih baik lagi, lebih serius dan sungguh-sungguh dalam membina adik-adik anggota PIK Remaja Bening Hati. Abi menyampaikan terimakasih kepada pengurus lama yang sudah membina dengan baik. Abi berniat meneruskan program-program yang sudah dilaksanakan oleh Bayu Pantoro dkk, karena selama ini sudah berjalan dengan baik. "Saya berharap bimbingan dari para pengurus lama dan jajaranh pembina baik dari BPKB Karangmojo ataupun Pak Sabrur," ujar Abi.

Acara berikutnya adalah materi yang disampaikan oleh Sabrur Rohim, SAg, MSI, selaku pembina PIK-R Bening Hati. Pertama, Sabrur mengucapkan terimakasih kepada para pengurus lama atas kegigihan dan ketekunannya selama satu tahun kepengurusan. Lalu, diucapkan selamat kepada Abi Sukaji dkk atas amanah yang baru diembannya sebagai pengurus baru. Sabrur mengajak Abi dkk agar bekerja lebih giat dan lebih tulus untuk memberi pencerahan dan konseling kepada adik-adik anggota PIK-R, dengan cara-cara apa pun yang kreatif dan inovatif. Sekarang era "kids zaman now," kata Sabrur, sehingga, "... kalau tidak kreatif dan inovatif, juga dilandasi pengabdian dan dedikasi yang tinggi, kita akan kalah dan diabaikan oleh adik-adik kita." 

Sabrur kemudian menyampaikan materi tentang definisi kespro remaja, pengertian PIK Remaja, tugas dan fungsi pendidik maupun konselor sebaya, serta pengertian tentang Triad KRR. Jajaran pengurus baru merasa senang dengan materi-materi tersebut, karena sesuatu yang baru, atau setidak mengulang hal-hal yang pernah diterima tetapi sekarang lupa.

Selesai materi pembina, acara diteruskan pendakian ke puncak gardu pandang "Pronojiwo". Sungguh kegiatan yang menyenangkan, apalagi kemudian dalam pendakian bertemu dengan santri-santri dari PP Pandanaran yang juga tengah melakukan outbond. Setelah sampai di puncak "Pronojiwo", para insan GenRe Bening Hati pun turun untuk salat, membeli oleh-oleh, dan kemudian pulang ke PP Al-Hikmah Karangmojo.(*) [Sabrur Rohim, Girisubo)

Berita Terkait

Komentar via Facebook

Kembali ke atas