Bupati Gunungkidul satu satunya kepala daerah di Indonesia yang mendapatkan penghargaan Champion Daerah Tahun 2018

Selasa (18/12/2018) BUpati Gunungkidul, Hj Badingah, S.Sos menerima   penghargaan/award champion Daerah. Penghargaan  ini diberikan  bagi mereka yg telah memberikan sumbangsih kinerja terbaik bagi bangsa yg  melakukan upaya terbaik dalam pencegahan Perkawinan usia anak.

 

Penghargaan ini diberikan bagi mereka yg telah memberikan sumbangsih kinerja terbaik bagi bangsa yg melakukan upaya terbaik dalam pencegahan Perkawinan usia anak. Penghargaan ini dalam rangka 16 hari peringatan anti kekerasan terhadap perempuan dan anak  (16 Daya of Activism Against Gender Violence), 

 

Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI menetapkan nama-nama penerima penghargaan berdasarkan 4 (empat) kategori yaitu; Kategori Kepala  Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota, Kategori Organisasi Non Pemerintah, Kategori Aktor di bawah 18 tahun dan Kategori Aktor Diatas 18 Tahun.

Dari kriteria yang disyaratkan tersebut diatas Kabupaten Gunungkidul dinyatakan telah memenuhi dan memberikan sumbangsih kinerja terbaik bagi bangsa untuk melakukan upaya dalam pencegahan perkawinan usia dini.

Bupati Gunungkidul merupakan satu satunya kepala daerah di Indonesia yang mendapatkan penghargaan Champion Daerah Tahun 2018.

 

Penghargaan diserahkan oleh Presiden RI Ir. Joko Widodo, yang diwakilkan Staf Khusus Presiden Deputi V, Jaleswari kepada Bupati Hj. Badingah, S.Sos., di Aula Sasono Mulyo Hotel Le Meridien, Jakarta, Selasa, (18/12), yang dikemas dalam tajuk “Dialog Publik dan Gerakan Bersama Pencegahan Perkawinan Anak”

 

Dalam kesempatan tersebut Kementerian PPPA launching gerakan bersama (Geber) pencegahan perkawinan anak ditandai dengan pemukulan kentongan secara bersama - sama oleh seluruh hadirin. 

 

Dalam sambutannya  menteri PPPA yang diwakili oleh Deputi Bidang Tumbuh Kembang Anak, Lenny N Rosallin menyampaikan Indeks Pembangunan Manusia tidak akan meningkat  apabila masih terdapat perkawinan usia anak.

 

Oleh karenanya dalam kesempatan tersebut  Kementerian PPPA launching gerakan bersama (Geber) pencegahan perkawinan anak ditandai dengan pemukulan kentongan secara bersama - sama oleh seluruh hadirin.

Karena telah menetapkan saya, Bupati Gunungkidul sebagai penerima penghargaan upaya pencegahan perkawinan pada usia anak, untuk kategori Kepala Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota," ungkapnya.

 

Pada kesempatan yang baik ini  Bupati  juga mengucap syukur dan terimakasih kepada semua pemangku kepentingan di Kabupaten Gunungkidul, baik Jajaran Perangkat Pemerintah Daerah, pihak Swasta dan masyarakat luas atas dukungan yang luar biasa dalam upaya pencegahan perkawinan usia anak ini. 

"Karena telah bekerja sama, bahu-membahu untuk melakukan upaya-upaya pencegahan perkawinan pada usia anak, penghargaan ini bukan untuk saya tetapi untuk masyarakat yang telah banyak memberikan dukungannya, kepada Pemerintah Daerah”, pungkasnya. (Tomy_PPPA)

 

Berita Terkait

Komentar via Facebook

Kembali ke atas