Seminar Hari Ibu ke 90 Tahun 2018 Tingkat Kabupaten Gunungkidul

Rabu,(19/12) Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DP3AKPBMD) Kabupaten Gunungkidul melalui Bidang Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA)  menyelenggarakan kegiatan seminar hari ibu. Rangkaian Peringatan Hari Ibu ke 90 Tahun 2018 Tingkat Kabupaten Gunungkidul salahsatunya adalah diadakan Seminar dengan Tema “Bersama Meningkatkan Peran Perempuan Dan Laki-Laki Dalam Membangun Ketahanan Keluarga Untuk Kesejahteraan Bangsa. Seminar bertempat  di Bangsal Sewokoprojo Wonosari dengan Narasumber Ibu Shinta SPd,M.Si,M.A dari Lembaga Bunda Cinta Psikologi Center Yogyakarta.

 

Seminar dibuka oleh Sekretaris DP3AKBPMD kabupaten Gunungkidul Sri Purwaniningsih,Apt.M.Kes mewakili Kepala Dinas P3AKBPMD kabupaten Gunungkidul. Dalam sambutannya Kepala DP3AKBPMD Kabupaten Gunungkidul menyampaikan Permasalahan sosial di Kabupaten Gunungkidul masih menjadi fenomena yang memprihatinkan diantaranya:

-              Tingginya angka perceraian

-              Tingginya angka perkawinan usia anak/angka dispensasi kawin

-              Tinginya angka kekerasan terhadap perempuan dan anak

-              Tingginya angka bunuh diri maupun angka penderita gangguan kejiwaan

-              Tingginya angka persalinan usia anak

 

Kondisi ini ditandai dengan adanya keluarga-keluarga yang ketahanan keluarganya rentan terhadap permasalahan sosial.

Keluarga yang berketahanan dan mampu melaksanakan fungsi-fungsi keluarga secara baik, dapat menjadi landasan dalam mewujudkan keluarga bahagia sejahtera, galang komitmen bersama dan adanya sebuah gerakan untuk membangun ketahanan keluarga, karena dengan keluarga yang berketahanan akan mampu menepis pengaruh negatif yang datang dari luar.

 

Dalam acara dialog Ibu Shinta Spd MSi,MA menekankan tentang pentingnya komunikasi yang baik dengan keluarga dan rasa saling pengertian antara orang tua, anak, suami dan istri. Keluarga yang sehat menjadi perisai bagi virus-virus ego suami dan istri sehingga tercipta ketahanan keluarga menuju Kesejahteraan Bangsa.

 

Seminar dihadiri kurang lebih 100 peserta terdiri dari Organisasi Wanita Profesi, Organisasi Wanita Keagamaan, Perangkat Desa, Forum Anak Gunungkidul, Sekolah Menengah Pertama dan Atas di Kabupaten Gunungkidul. (Fajar-PPPA)

 

 

 

 

 

 

Berita Terkait

Komentar via Facebook

Kembali ke atas