Bhaksos KB di Puskesmas Girisubo Berhasil Layani 72 Akseptor

Selasa, 08 Januari 2019

Administrator

KKBPK

Dibaca: 32 kali

Bhakti sosial pelayanan KB edisi terakhir tahun 2018 digelar di Kecamatan Girisubo, Gunungkidul, pada Jumat (14/12). Kegiatan ini Alhamdulillah berjalan lancar, terbukti dengan antusiasme warga untuk mengikutinya. Tercatat 72 orang akseptor berhasil dilayani, yakni dari akseptor implan (susuk KB) sebanyak 52 orang, sedang IUD 20 orang. Sejumlah pejabat struktural dari Perwakilan BKKBN DIY dan bidang KB DP3AKPM dan D Gunungkidul juga hadir di acara ini melakukan pemantauan dan pendampingan. 

Kegiatan ini merupakan kerjasama antara Perwakilan BKKBN DIY, DP3AKBPM dan D Gunungkidul, PD IBI Gunungkidul, dan UPT Puskesmas Girisubo. Petugas medis yang melayani ada 7 orang bidan UPT Puskesmas Girisubo dan 4 bidan dari PD IBI Gunungkidul, dibantu oleh sejumlah perawat, serta kader-kader IMP Girisubo sebanyak 24 orang.

 

 

“Sebenarnya yang terdaftar saat penutupan pendaftaran kemarin 98 orang. Akan tetapi beberapa mundur atau tidak bisa hadir karena alasan tertentu. Dan sebagian lagi tidak bisa dilayani karena ada kendala medis pada calon akseptor yang bersangkutan,” ujar Hudoyo, SSos, Koordinator PKB Girisubo.

 

“Saya bersyukur kegiatan hari ini berjalan lancar. Betapa pun, jumlah peserta yang ikut sudah melampaui target. Saya tidak mempermasalahkan jumlahnya berapa. Mau mencari berapa banyak sebenarnya gampang. Ini karena soal situasi dan kondisi saja, karena memang sekarang sedang banyak kesibukan di antara warga desa. Saya melihat dari sisi kualitasnya saja. Saya lihat ada satu dua orang akseptor dari komunitas yang selama ini identik sebagai anti program KB, tetapi sekarang justru ikut bhaksos. Ini merupakan keberhasilan petugas dan kader dalam memberikan KIE kepada masyarakat,” ujar Sugondo, SST, MM, Kepala UPT Puskesmas Girisubo.

 

Hal yang sama diungkapkan oleh Kasubbid Bina Kesertaan KB Jalur Wilayah dan Sasaran Khusus Perwakilan BKKBN DIY, FX Danarto Suryo Yudo, MA. “Saya sangat mengapresiasi upaya teman-teman PKB dan kader-kader IMP di sini untuk menjaring peserta bhaksos. Kegiatan ini masih akan terus kita lakukan di waktu-waktu mendatang, sesuai dengan kebutuhan di lapangan. Nanti jika masyarakat sudah ada kemandirian mendatangi sendiri tempat pelayanan reguler, maka kegiatan semacam ini akan dikurangi,” ujar Danarto.

 

Sementara itu, Kabid KB DP3AKMPMD Gunungkidul, Dra Dwi Iswantini, di sela-sela inspeksinya berharap bahwa kegiatan hari ini bisa berdampak pada capaian PA maupun PB. “Saya optimis, ada tambahan PA dan PB dengan kegiatan-kegiatan semacam ini. Saya berharap, kegiatan bhaksos di tahun depan ditambah lagi volumenya, karena nyata-nyata kegiatan seperti ini mendapatkan sambutan dari masyarakat, bahkan sangat antusias. Kalau bisa tidak hanya 8 sampai 10 kali. Lebih dari itu harapan saya,” ujar Dwi.(*) [Sabrur RS, Girisubo]

Berita Terkait

Komentar via Facebook

Kembali ke atas