Bakti Sosial Pelayanan KB MKJP

DP3AKBPM&D - Bakti sosial pelayanan KB Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) dalam Rangka Hari Kontrasepsi Sedunia dilaksanakan pada Hari Selasa, 26 September 2017 di Rumah Bidan Dian Hodesy, Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari. Kegiatan tersebut merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, dan keluarga Berencana, Pemberdayaan Masayrakat dan Desa (DP3AKBPM&D) di masing-masing kecamatan yang ada di Kabupaten Gunungkidul. MKJP adalah alat kontrasepsi yang digunakan untuk menunda kehamilan, serta menghentikan kesuburan, yang digunakan dalam jangka panjang, meliputi alat kontrasepsi dalam rahim (IUD), alat kontrasepsi bawah kulit (implant), vasektomi (MOP), dan Tubektomi (MOW). Latar belakang diadakannya kegiatan tersebut adalah kondisi masyarakat Gunungkidul yang sudah cukup banyak mengikut KB tetapi angka kelahiran masih tinggi yaitu dari 10 orang yang ber-KB 8 diantaranya masih melahirkan. Tujuannya adalah memberikan layanan bagi masyarakat Gunungkidul yang menjadi akseptor (orang yang ikut ber-KB) untuk pemasangan alat kontrasepsi secara gratis.

Pelayanan pemasangan alat kontrasepsi dilakukan oleh Penyuluh Lapangan Keluarga Berencana (PLKB) Kecamatan Tanjungsari dan bidan yang ada di klinik Ibu Dian. Para aseptor KB yang menjadi peserta dalam kegiatan tersebut berjumlah 100 orang yang berasal dari masing-masing desa di kecamatan Tanjungsari. Dihadiri oleh Camat Tanjungsari, Perwakilan Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi DIY, Kepala Desa Kemadang, dan Kepala sie Bidang KB dari DP3AKBPM&D. Kegiatan berlangsung dengan kondusif dan lancar. Para peserta tertib datang dan bersedia mengantri untuk mendapatkan layanan. Alat kontrasepsi yang digunakan adalah Implant dan IUD dengan perbandingan 97 akseptor menggunakan Implant dan 3 akseptor menggunakan IUD.

Pada kesempatan tersebut Camat Tanjungsari beserta Perwakilan BKKBN DIY berpesan agar masyarakat Tanjungsari dapat berpartisipasi dalam penggunaan alat kontrasepsi metode jangka panjang agar laju petumbuhan penduduk di Kabupaten Gunungkidul dapat terkontrol. DP3AKBPM&D akan terus melaksanakan kegitan bakti sosial tersebut secara rutin sebagai bentuk konsistensi gerakan mengurangi dampak buruk dari adanya bonus demografi Indonesia.

Siti Nur Mufidah

Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) UNY 2017

Berita Terkait

Komentar via Facebook

Kembali ke atas