Antisipasi Kesalahan Pengelolaan Keuangan

Senin (16/4) ,DP3AKBPM&D melalui Bidang Pemdes melaksanakan Bimbingan Tekhnis Pengelolaan Keuangan Desa Bagi Bendahara Desa Se- Kabupaten Gunungkidul. Acara dilaksanakan di RR Mbangun Desa dan dimulai pada pukul 09.00 WIB. Kegiatan tersebut terbagi menjadi 3 angkatan ( 16 s/d 24/4),peserta adalah Bendahara Desa dari  144 desa yang masing-masing angkatan sejumlah 48 peserta dalam waktu 2 hari.

Dalam Pembukaan Bimtek, Kepala DP3AKBPM&D,Sujoko,SSos, MSi menyampaikan bahwa kita berusaha meningkatkan Kapasitas Sumber Daya Manusia Desa salah satunya melalui Bimtek. Supaya pelaksanaan pembangunan ditingkat desa bisa tertib, tertata serta maju. Semboyan yang disampaikan adalah Pemberdayaan Semangatku, Masyarakat Maju Cita-citaku ,Desa Mandiri Tujuanku. Berpihak pula pada masyarakat, bermanfaat langsung bagi masyarakat, swadaya, Transparansi, Akuntabilitas, Sinergitas, Lestari, Partisipatif, Pembinaan dan Fasilitasi Pemberdayaan Masyarakat Desa Tahun 2018.

Melaui Bimtek  diharapkan bisa memberikan Pemahaman kepada Bendahara Desa tentang latar belakang, tujuan,kebijakan prinsip-prinsip prosedur Pengelolaan dan Penatausahaan Keuangan Desa,meningkatkan kapasitas bendahara Desa tentang Penatausahaan Keuangan & Aplikasi Siskeudes, dan bisa meningkatkan tertib Administrasi Pengelolaan Keuangan Desa. Kegiatan ini dilaksanakan sesuai Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 113 Tahun 2014 tentang Pengelolaan Keuangan Desa  dan Perbup Nomor 60 Tahun 2017 tentang Perubahan kedua atas  Peraturan Bupati Gunungkidul Nomor 14/2015 tentang Pedoman Pengelolaan Keuangan Desa.Hal ini disampaikan oleh Dra. Rustiningsih Tavipsiwati, Kasi Keuangan Desa sebagai Penyelenggara Bimtek.(*) [Etik, Pemdes]

Berita Terkait

Komentar via Facebook

Kembali ke atas