POSYANDU “NGUDI WARAS” potret Posyandu terbaik tingkat Kabupaten Gunungkidul

Lomba  Pengelolaan Posyandu Tingkat Provinsi DIY  tahun 2018 Kabupaten Gunungkidul diwakili oleh Posyandu Ngudi Waras, Dusun Watudalang, Desa Bendungan, Kecamatan Karangmojo Kabupaten Gunugnkidul dilaksanakan  pada hari Rabu (24 Oktober 2018) .

Tim Penilai terdiri dari unsur BPPM DIY  dan OPD terkait di DIY serta  Tim Penggerak PKK DIY, dipimpin oleh Kepala Bidang PM BPPM DIY  Muhammad Isnaeni Aminuddin, S. Sos. Unsur penilaian meliputi administrasi Posyandu, Penimbangan Balita dan beberapa kegiatan Bina Keluarga Lansia dan Bina Keluarga Remaja serta keterpaduan PAUD dan Yandu.

Kedatangan Tim disambut oleh Kepala Desa Bendungan,  Santosa,S.Sos, Tim Penggerak Kabupaten dengan ibu Ketua TP PKK Kabupaten Gunungkidul,  Ibu Dr. Dra Zultiyanti Immawan Wahyudi, MA dan OPD lintas Sektoral Kabupaten Gunungkidul. Lomba    diawali dengan peninjauan di PAUD SPS Al Hidayah. Kepala Desa Santosa, SE menyampaikan bahwa Posyandu  Ngudi Waras telah menjalin kesepakatan dengan  PAUD SPS  Al Hidayah sejak tahun  2008  untuk melakukan monitoring  kesehatan anak-anak  dengan melakukan penimbangan anak-anak secara rutin dan berkala . Beberapa kegiatan yang dilakukan anak-anak yang dilihat oleh Tim antara lain  cuci tangan, gosok gigi, taman obat keluarga yang ditanam dengan melibatkan siswa PAUD sebagai bentuk pengenalan terhadap tanamann obat,  hasil karya  krativitas ibu-ibu selama menunggui   anak-anaknya belajar dan beberapa peralatan  KBM.

Selanjutnya Tim Penilai melakukan evaluasi di Balai Dusun Watudalang terhadap berbagai kegiatan Pos Yandu, baik adminstrasi maupun kegiatan  Pos Yandu lainnya, seperti penimbangan balita, pemberian makanan tambahan untuk Balita dan kegiatan pengembangan lainnyan yang merupakan kerjasama dengan program lain seperti BKR (Bina Keluarga Remaja),  BKL (Bina Keluarga Lansia), Desa Siaga dan  Kawasan Tanpa Asap Rokok (KTR).

Dalam sambutan penerimaan, Bupati Gunungkidul yang diwakili oleh Kepala DP3AKBPM dan D, Sujoko S. Sos MS.i  menyampaikan bahwa Posyandu sudah dikenal lama sebagai pusat pelayanan kesehatan dasar bagi ibu dan anak. Saat ini Posyandu dituntut untuk mampu menyediakan informasi kesehatan yang lengkap dan mutakhir sehingga menjadi  sentra kegiatan masyarakat. Posyandu merupakan salah satu bentuk Upaya Kesehatan Berbasis masyarakat (UKBM) yang dikelola dan diselenggarakan dari, oleh untuk dan bersama masyarakat dalam penyelenggaraan pembangunan kesehatan guna  memberdayakan masyarakat  dan memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam memperoleh pelayanan  kesehatan dasar/sosial dasar untuk mempercepat penurunan kematian ibu dan bayi. Oleh karena itu peran Posyandu sangat epnting sebagai tombak dalam pelayanan kesehatan ibu dan anak yang mencakup 5 fungsi pelayanan yaitu : pemantauan pertumbuhan, penyuluhan gizi dan kesehatan, imunisasi, pelayanan KB dan pelayanan kesehatan dasar, untuk menurunkan angka kematian ibu dan bayi agar terwujud keluarga kecil bahagia dan sejahtera. Melalui  lomba ini  hendaknya menjadi salah satu pemicu untuk meningkatkan kunjungan Balita ke Posyandu, meningkatkan pengetahuan, sikap dan ketrampilan kader Posyandu, juga meningkatkan pengetahuan dan peran serta masyarakat akan pentingnya Posyandu dalam peningkatan gizi dan kesehatan.

Ibu Ani  Yudhastawa Mangkunegara  mewakili ketua Tim, menyampaikan  bahwa kader-kader di Posyandu telah dapat melaksanakan tugasnya dengan baik dalam melakukan pelayanan maupun memberikan penyuluhan kepada masyarakat. Dukungan dari Pemerintah Desa terhadap kegiatan Yandu sudah tercermin dalam penganggaran Desa yang  mengalami peningkatan dari tahun ke tahun.  Kegiatan-kegiatan pengembangan dari Posyandu bersinergi dengan program kegiatan lintas sektioral telah berjalan dengan baik. Namun masih diperkukan ditingkatkan koordinasi dengan Desa, Kecamatan dan Kabupaten dalam pelaksanaan dan pembinaannnya dan hendaknya seluruh kader PKK yang masuk dalam kepengurusan PKK Dusun, juga masuk dalam kepengurusan Pokjanal yandu sehingga mencerminkan keintegrasian kepengurusannya, demikian kesan dan pesan yang disampaikan Tim menutup rangkaian acara Penilaian Lomba Pengelolaan Posyandu Tingkat Propinsi DIY tahun 2018 di Posyandu Ngudi Waras, Dusun  Watudalang, Desa Bendungan, Kecamatan Karangmojo (rumiha/PPPA) 

Berita Terkait

Komentar via Facebook

Kembali ke atas

Pencarian

Berita Gunungkidul





semua agenda

Agenda

semua download

Download

Statistik

012068

Pengunjung Hari ini : 1
Total pengunjung : 12068
Hits hari ini : 267
Total Hits : 249222
Pengunjung Online : 1

Jajak Pendapat

Bagaimanakah tampilan website Kominfo?
Sangat Puas
Puas
Cukup Puas
Kurang Puas

Lihat