Bimtek Kepala Desa Baru Tahun 2019 Hasil Pilkades Serentak Tahun 2018

DP3AKBPM&D melalui Bidang Pemerintahan Desa hari Selasa, (19/2 ) bertempat di RM. Jodhang Jowo, Karangrejek, Wonosari, Gunungkidul melaksanakan Bimbingan Teknis Kepala Desa Baru Tahun 2019 Hasil Pilkades Serentak Tahun 2018 sebanyak 30 peserta. Bimtek berlangsung selama 2 hari, kegiatan ini dimulai hari Senin (18/2) dan dibuka oleh Bupati Gunungkidul dalam hal ini diwakili oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra, Drs. Sudodo, MM. Dalam sambutannya menyampaikan bahwa Kepala Desa diharapkan bisa kerja efektif, mampu meningkatkan kompetensi, memperkuat integritas, dan kedisiplinan sehingga mampu menyelesaikan tugas dan tanggungjawab dengan sukses.Tahun ini merupakan tahun politik Kepala Desa harus Netral,dan di Era Reformasi cara pandang ( mindset ) Kepala Desa juga harus diubah, yakni harus siap bekerja keras dan cerdas secara transparan dan akuntabel dalam sebuah tim yang solid dan harus sesuai tuntutan regulasi.

Salah satu bentuk pembinaan dan pengawasan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten adalah menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan bagi pemerintah desa, BPD, lembaga kemasyarakatan dan lembaga adat maka kegiatan ini dilaksanakan melalui beban Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kab. Gunungkidul. Materi yang diberikan adalah Ke bijakan Umum Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah disampaikan oleh Kepala DP3AKBPM&D, Sujoko,S.Sos, M.Si, Pengawasan Penyelenggaraan Pemerintahan Desa disampaikan oleh Drs. Sujarwo, M.Si selaku Inspektur Inspektorat Daerah, Sinkronisasi Perencanaan Pembangunan Daerah dan Desa hal ini disampaikan oleh Kepala Bappeda, Sri Suhartanta, S.IP, M.Si, Perencanaan Pembangunan Desa hal ini disampaikan oleh  Drs.M. Ari Sumartana, M.Si dari Balai Pemdes DIY, Pengelolaan Keuangan Desa disampaikan oleh Muh. Farkhan, S.Sos, MAP selaku Kepala Bidang Pemdes, SOTK Pemerintah Desa disampaikan oleh Kriswantoro, SSTP, MM, dan Peran dan Fungsi TP4D dalam Penyelenggaraan Pemerintahan Desa disampaikan oleh Kasi Pidsus, Kejari Gunungkidul, Darojad, SH, MH. Semoga hal- hal yang didapatkan selama pelaksanaan kegiatan ini dapat bermanfaat dalam rangka menjalankan amanah sampai dengan akhir masa jabatan, hal ini disampaikan Muh. Farkhan ,S.Sos, MAP selaku penyelenggara Bimtek Kepala Desa Baru Tahun 2019.

Kepala DP3AKBPM&D, Sujoko, S.Sos,M.Si mengharapkan Kepala Desa melaksanakan tugas dengan baik dan sesuai regulasi untuk meminimalisir penyimpangan terutamanya Dana Desa dimana sudah banyak Kepala Desa yang tersandung masalah hukum. Penyusunan Perdes tentang Laporan Pertanggungjawaban, LPPDes dan Laporan Kinerja BPD dibuat tepat waktu.

Pentingnya Kepala Desa Baru memahami jenis- jenis pengawasan yang ada di Desa mulai dari pengawasan oleh Masyarakat, BPD, Camat, Inspektorat, BPK dan Aparat Penegak Hukum. Sehingga meminimalisir adanya konflik internal dan memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat.

*[Etik, Pemdes ]

 

 

Berita Terkait

Komentar via Facebook

Kembali ke atas

Pencarian




semua agenda

Agenda

semua download

Download

Statistik

238832

Pengunjung Hari ini : 53
Total pengunjung : 238832
Hits hari ini : 280
Total Hits : 1410772
Pengunjung Online : 7

Jajak Pendapat

Bagaimanakah tampilan website Kominfo?
Sangat Puas
Puas
Cukup Puas
Kurang Puas

Lihat

Aplikasi PPID

https://biologi.fkip.unpatti.ac.id/wp-content/uploads/toto-slot/ https://biologi.fkip.unpatti.ac.id/wp-content/uploads/slot-thailand/ https://biologi.fkip.unpatti.ac.id/wp-content/uploads/slot88/ https://matematika.fkip.unpatti.ac.id/wp-content/uploads/sgacor/ https://matematika.fkip.unpatti.ac.id/wp-content/uploads/sthai/ https://jerman.fkip.unpatti.ac.id/wp-content/uploads/stoto/